HIGHLIGHT >> Genre Band Indie

Genre Band Indie

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa Band indie cenderung bebas dan mandiri termasuk juga dalam menentukan genre mereka.

Kita tentu paham mengenai genre band-band ternama seperti Ungu atau Slank. Jika Ungu cenderung ke genre pop dan seluruh lagu dibuat dengan genre tersebut, maka Slank tetap konsisten juga dengan genre rocknya.

Berbeda halnya dengan band indie, band ini kadang tidak terpaku pada satu genre alias bebas. Tak jarang dalam penggarapan satu album bahkan 1 lagu, “perkawinan” 2 – 3 nuansa musik sangatlah lazim dilakukan. Ini tak lepas dari pengaruh labeling atau tidak, karena bila pada band dibawah naungan label biasanya mereka sudah “dipatok” untuk membuat karya sesuai dengan genre yang disepakati diawal dan pangsa pasar untuk label itu sendiri. Disini akan makin terlihat bahwa band indie menentukan projek berdasarkan tema. Alias tematik.

Misalnya band ingin membuat lagu mengenai kesedihan. Ia bebas menuangkan “isi kepalanya” ke dalam berbagai bentuk genre musik. Entah itu pop, rock, atau blues bebas. Asalkan personil mampu menciptakan dengan warna genre tersebut, itu menjadi sah-sah saja dalam band indie. Karena kembali lagi ke awal pembahasan, mereka tidak harus memenuhi permintaan label untuk memperkeras penjualan, melainkan mereka bisa bereksplorasi dengan berbagai genre sesuai keinginan.

Sejarah Band Indie >>>

Komentar Mu?