Parau – A Step To “Fortius”

salah satu Group band death metal kebanggan bali, parau akhirnya resmi merelease album ke 4 mereka yang bertajuk “fortius” bertepatan dengan perhelatan pica fest 2019, sabtu 23 februari 2019 yang lalu.

ditemui di selah-selah jadwal latihan persiapan launching yang akan mereka lakoni dengan “main” selama 1 jam non stop di panggung megah pica fest tersebut, onche sang bassist mengatakan ada banyak hal yang membuat album ini menjadi begitu spesial.

selain penggarapanya yang memakan waktu lama oleh karena kesibukan tiap personil, perlunya penyesuaian dengan personil baru mereka gung sincan yang kini sebagai guitarist dan dika sebagai drummer juga menjadi tantangan tersendiri, terlebih tiap personil berdomisili di berbeda tempat dan berjarak cukup berjauhan. “kita ingin memberikan warna baru di musik parau, namun dengan tidak meninggalkan rasa khas parau juga” ungkap gus de. di samping itu, gigox sang vocalist juga menambahkan bahwa yang membuat album ini menjadi spesial adalah karena ada pula lagu yang mereka kemas dengan berkolaborasi bersama robi pentolan group band navicula yang bergenre musik grunge.

mengenai pergantian personel, gigox mengatakan bahwa itu hal yang lumrah dilakukan disetiap band. namun jika ditanya lebih mengkhusus, karir akademis sang drummer yang sempat tertundalah yang menjadi pertimbangan mereka. “kami tidak ingin menghalangi atau membuat utha (drummer sebelumnya) menunda itu lagi” imbuhnya. disisi lain, dika (drummer saat ini) mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari parau merupakan salah satu hal yang ia idamkan dulu karena sudah menggandrungi musik cadas parau sejak smp. berbeda dengan dika yang menduduki posisi drummer oleh karena referensi para kerabat dari band parau, gung sincan mengatakan bahwa bergabungnya ia di parau adalah karena kebetulan sudah berada di balik panggung parau terlebih dahulu, baru lantas sering mengisi posisi gitar sebagai additional player ketika gus de sedang berhalangan untuk tampil.

ditanya tentang duetnya dengan robi navicula, gigox mengatakan bahwa ini merupakan hal yang sangat spesial karena akhirnya bisa berduet dengan salah satu orang yang punya pengaruh dan turut ambil adil dalam perjalanan parau.”Alasan kami memutuskan untuk berduet dengan bli robi adalah karena beliau merupakan sosok yang inspiratif baik bagi banyak orang dan kami parau khususnya. sebetulnya malah kami sudah pingin meminang robi untuk bisa berduet dengan kami sejak album ke 2. saat itu adalah awal mula kami mencetuskan konsep berduet dengan musisi lintas genre, namun akhirnya baru bisa terwujud di album yang ke 4 ini” jelas gigox kepada tim #inspeaktion.

gigox juga menyampaikan bahwa sebetulnya antara parau dan navicula mempunyai hubungan yang sangat dekat. sebagai contoh, pemilihan nama parau pada saat awal-awal pembentukan band merupakan atas dasar saran dari sang bassist navicula alm. made indra. “maka dari itu di album yang berisikan 11 track ini merupakan album yang sangat spesial dari kami” pungkasnya.

Komentar Mu?